SMS Gateway dengan Nokia PC Suite

Bila Agan seorang yang beraktifitas membuka toko online alias online shop, kegiatan berSMS-an merupakan rutinitas. Kecuali bila toko online Agan telah diotomasi proses ordernya melalui fitur keranjang belanja atau via telepon dengan banyak Customer Service. Namun bagi keumuman orang Indonesia, melakukan pesanan atau order melalui SMS (atau BBM) adalah pilihan favorit. Calon konsumen biasanya bertanya dulu tentang produk, harga dan lainnya (sekalipun itu telah dituliskan jelas di deskripsi produk) sebelum mengambil keputusan untuk pembelian. (Mungkin) kegiatan berSMS hanya cocok untuk toko online kecil yang dikelola oleh perorangan.
Bagaimana Agan selama ini menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen Agan? Apakah menjawab dari HP langsung dengan mengetik di keypad HP ataukah dengan cara lainnya? Bila mengetik langsung di HP tentu merepotkan sekalipun keypad HPnya QWERTY karena biasanya pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon konsumen kebanyakan pertanyaan berulang. Terlebih bila sedang melayani beberapa calon konsumen sekaligus. Bisa-bisa salah kirim SMS dan jari bisa keriting, he he.

Ada solusi agar lebih mudah menjawab SMS untuk kegiatan online shop yaitu dengan SMS gateway. SMS gateway diinstall di komputer PC atau laptop kemudian komputer dihubungkan dengan Handphone melalui kabel data atau Bluetooth. Untuk yang praktis, pilihlah bluetooth. Nantinya kegiatan SMS (menerima dan manjwab) dilakukan dari komputer. Untuk menjawab SMS ke konsumen, menurut saya lebih cepat dilakukan dari computer dengan mengetik di keyboard. Untuk beberapa jawaban berulang dan baku bisa dilakukan copy paste. Begitupun untuk memenuhi keinginan calon konsumen yang kebanyakan ingin layani fast respond.

Di jagad internet, ada beberapa tawaran aplikasi SMS Gateway berbayar dengan harga tertentu dengan banyak fitur. Selain fitur standar menerima dan menjawab SMS, SMS gateway berbayar mampu melakukan misalnya menjawab otomatis, melakukan broadcast (kirim SMS ke banyak orang sekaligus), dll. Namun di sini kita tidak akan bahas SMS Gateway berbayar tersebut. Yang akan di bahas di sini adalah SMS gratis bawaan pabrikan Handphone, yatu Nokia PC Suite. Sesuai dengan namanya handphonenya tentu saja harus merk NOKIA. Tidak perlu yang highend. Untuk lebih praktis, pilihlah bluetooth sebagai koneksi komputer dengan handphone. Bila komputer Agan belum ada bluetoothnya, Agan bisa beli Bluetooth dongle. Bentuknya seperti USB Flash disc (bahkan lebih kecil).







Instalasi NOKIA PC suite di komputer

1. Download aplikasi PC Nokia Suite di link ini
2. Lakukan instalasi PC Suite dengan mendouble klik file .exe hasil download. Pilih Next > Next dan default yang dipilihkan oleh system. Karena aplikasi ini gratis, Agan tidak akan diminta untuk mengisi nomor serial, crack atau sejenisnya.
3. Instalasi selesai dan silakan koneksikan handphone dan aplikasi.
4. Lakukan tes kirim dan terima SMS

Baca juga Cara instalasi dongle Bluetooth di komputer


Contoh dongle Bluetooth

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »